ziddu.com

Minggu, Februari 21, 2010

metlit 17 February 2010

Abdi Saputra

4115 08 3278


metlit 17 February 2010


dalam kuliah ini yang menjadi awal pembahasan adalah mengenai tentang variabel penelitian, variabel penelitian diartikan sebagai gejala yang bervariasi yang diambil dari kata variabel. Atau dalam pengertian lain variabel adalah suatau atribut atau tanda yang dianggap mencerminkan atau mengungkapkan pengertian atau bangun pengertian. Mengungkapkan pengertian disini adalah mengungkapkan sesuatu yang sederhana sehingga jawaban yang diperoleh pasti dan tidak memerlukan waktu kajian yang cukup lama dan butuh literatur yang banyak juga, sebaliknya bangun pengertian adalah pengungkapan sesuatu dengan hasil pemikiran yang mendalam dan jawaban tentunya tidak akan singkat. Lalu selanjutnya variabel mempunyai nilai-nilai yang berbeda-beda, disini bisa dicontohkan seperti tinggi badan, kelas sosial, jenis kelamain dan indeks kecerdasan. Jika penelitian kuantitatif berorientasi pada variabel atau hasil maka penelitian kualitatif pada proses.


Selanjutnya kita akan membahas tentang klasifikasi variabel, dimana jenis dari klsifikasi variabel antara lain, variabel kategorik, lalu variabel dikotomi dan yang terakhir variabel kontinyu. Kita awali dengan variabel kategorik, variabel kategorik adalah atribut yang menjadi dasar klasifikasi variabel, bisa kita ambil contoh disini pekerjaan pokok ayah, daerah tempat tinggal, sekolah tempat belajar, dan bahasa dirumah. Bisa dikatan variabel jenis ini akan menimbulkan banyak jawaban. Yang kedua adalah variabel dikotomi, variabel kategorik yang paling sederhana, karena tidak menimbulkan jawaban yang banyak, atau pilihan yang sedikit. Contohnya seperti ini, pria-wanita, lulus-tidak lulus, tinggi-pendek. Dan yang terakhir adalah variabel kontinyu, dalam variabel ini memuat nilai-nilai dalam satu rentetan yang tak terbatas, seperti tinggi badan, berat badan, usia dan jarak. Dalam variabel ini tidak boleh menggunakan alat ukur yang terpatok.


Macam-macam variabel antara lain ada yang dinamakan variabel bebas dan yang kedua adalah variabel terikat. Dalam korelasinya variabel bebas biasanya dengan simbol “ x “ dimana dia yang mempengaruhi dan terikat dengan simbol “ y “ dia yang dipengaruhi. Keduanya di uji dengan metode korelasional. Hubungan antara kontribusi atau kausalitas. Bedanya jika kontribusi kita hanya melihat seberapa banyak x dapat mempengaruhi y, sedangkan kausalitas dengan menggunakan eksperimen kita mencari sebab dan mengukur akibat. Selain itu juga ada yang dinamakan variabel pengganggu, yang biasanya terjadi pada eksperimen.


Masalah penelitian yaitu persoalan-persoalan penelitian dibidang pendidikan adalahpertanyaan-pertanyaan tentang keadaan dilapangan pendidikan. ada beberapa hal yang menjadi nilai kelayakan masalah, yang pertama idealnya masalah tersebut hendaknya merupakan masalah yang pemecahannya akan memberikan kepada bangunan pengetahuan dibidang pendidikan, harus ada kesinambungan antara penelitian dan manfaat untuk pendidikan. Yang kedua persoalan tema yang diangkat idealnya adalah perasoalan baru, jangan yang sudah diteiliti orang lain. Selanjutnya persoalan terebut harusnya merupakan persoalan yang dapat diteliti. Yang terakhir persoalan itu harus sesuai bagi peneliti, misalkan menarik bagi peneliti, sesuai dengan bidang peneliti, dapat dilaksanakan peneliti dan yang terakhir waktu penelitian tersedia, jangan sampai kita tidak memiliki waktu untuk meneliti tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar