ziddu.com

Minggu, Februari 21, 2010

metlit 10 feb 2010

Abdi saputra

4115 08 3278

Metlit 10-02-10


Dalam tahap penelitian ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, yang pertama adalah memilih masalah. Dalam menentukan masalah ini ada factor-faktor yang perlu diperhatikan, antara lain adalah pertanyaan penelitian. Pertanyaan penelitian ini harus didasarkan pada teri pendukung, kita harus memiliki literature atau handbook buku pegangan wajibnya. Yang kedua adalah tahap analisis, dalam poin ini kita harus lebih spesifik akan pada penelitian yang akan kita teliti, harus diasarkan pada literature yang ada, dalam tahap analisi ini kita juga sudah mulai memetakan konsep yang ada.
Tujuan ilmu pengetahuan itu ada beberapa tujuan yang ada, yang pertama adalah tujuan deskriptif, tujuan deskriptif ini dimana ilmu pengetahuan itu menggambarkan, atau secara substansi. Yang kedua adalah eksplanatori, yang ilmu pengetahuan itu memiliki tujuan menjelaskan atau menghubungkan, atau bias disebut adanya asas kausalitas atau sebab akibat. Yang ketiga ilmu pengetahuan itu memiliki tujuan prediktif, ilmu tujuannya untuk menduga apa yang akan terjadi. Jadi misalkan terjadi sebuah fenmena maka kita dapat memprediksi fenomena ini akan menghasilkan fenmena yang lain.
Ada tiga macam Kebenaran ilmiah yaitu, kebenaran kherensi atau disebut juga deduktif, yang berisikan tentang sesuai dengan teori yang ada. Selanjutnya ada yang dinamakan kebenaran korespndensi atau induktif yaitu melihat dari adanya fakta yang ada. Dan yang terakhir adalah kebenaran pragmatis, kebenaran berdasarkan nilai praktis atau kegunaan saja.
Ada beberapa sumber masalah penelitian, yaitukita bias lihat dari pengalaman, pengalaman siapa saja dan bleh dari buku atau literature. Selanjutnya deduksi dari teori dan yang terakhir aalah literature yang relevan, jangan mengambil yang kontemporer atau mudah basi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar