M B S
(manajemen berbasis sekolah)
abdi saputra
no reg:4115 08 3278
manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah merupakan alternatif baru dalam peningkatan mutu pendidikan yang lebih menekan kan pada kemandirian dan kreatiitas sekolah. Konsep ini diperkenalkan oleh teori effektif school yang lebih memfokuskan pada perbaikan proses pendidikan. Beberapa indikator yang meninjukkan karakter diri konsep manajemen ini antara lain:
lingkungan sekolah yang aman dan tertib
sekolah memiliki misi dan target mutu yang ingin dicapai
sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat
harapan yang tinggi dari anggota sekolah untuk berprestasi
adanya pengembangan staff sekolah yang terus menerus sesuai tuntutan IPTEK
adanya pelaksanaan evaluasi terhadap akademik dan administrasi
tujuan MBS
individu yang kompeten terlibat dalam pengambilan keputusan
anggota komunitas sekolah punya hak suara
fokus pada pertanggungjawaban
kreatifitas dalam perencanaan program
adanya pengaturan ulang SDM
alokasi anggaran lebih realistis
Prinsip-prinsip MBS
sekolah memiliki tanggungjawab untuk mengelola dirinya sendiri berkaitan dengan permasalahan administrasi, keuangan dan fungsi setiap personil sekolah.
Prinsip pengelolaan kualitas total:
perhatian harus ditekanakan kepada proses dengan terus-menerus mengumandangkan peningkatan mutu
kualitas/mutu ditentukan oleh pengguna jasa sekolah
prestasi harus diperoleh melalui pemahaman visi bukan dengan pemaksaan aturan
sekolah harus menghasislkan siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap arief bijaksana, berkarakter, dan memiliki kematangan emosional
MBS menurut Dr JC Tukiman Taruna, seorang pakar pendididkan dalam implementasinya secara ideal mensyaratkan beberapa hal:
peningkatan kualitas MBS yang terlihat melalui transparansikeuangan, perencanaan partisipatif dan akuntabilitas
peningkatan pembelajaran melalui PAKEM
peningkatan peran serta masyaraakat melalui banyaknya kepedulian masyarakat terhadap sekolah
indikator keberhasilan MBS
1. lingkungan sekolah yang aman dan tertib
2. sekolah memiliki misi dan target mutu yang ingin dicapai
3. sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat
4. harapan yang tinggi dari anggota sekolah untuk berprestasi
5. adanya pengembangan staff sekolah yang terus menerus sesuai tuntutan IPTEK
adanya pelaksanaan evaluasi terhadap akademik dan administrasi
adanya komunikasi dan dukungan intensif dari orang tua murid dan masyarakat
daftar pustaka
Nurkolis.2003.Manajemen berbasis sekolah,Jakarta:Grasindo
Subakir,supriono.2001.Manajemen berbasis sekolah,Jakarta:SIC
Hmaid,edi suandi.2004.Memperkokoh otonomi daerah,Jakarta:UII press
Sagala,syaiful.2004. Manajemen berbasis sekolah dan masyarakat,Jakarta:Nimas multima
Fattah,nanang.2004.konsep Manajemen berbasis sekolah daerah.Jakarta:pustaka bani quraisy
Ghufron,anik.Pengembangan model Manajemen berbasis sekolah,Yogyakarta:Lembaga Penelitian, Universitas Negeri Yogyakarta
Jaya,cipta.2004.Program Manajemen berbasis sekolah,Jakarta:Cipta jaya
linkrakyat
abdi saputra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar