ziddu.com

Minggu, April 19, 2009

manajemen berbasis sekolah





M B S

(manajemen berbasis sekolah)




abdi saputra

no reg:4115 08 3278



manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah merupakan alternatif baru dalam peningkatan mutu pendidikan yang lebih menekan kan pada kemandirian dan kreatiitas sekolah. Konsep ini diperkenalkan oleh teori effektif school yang lebih memfokuskan pada perbaikan proses pendidikan. Beberapa indikator yang meninjukkan karakter diri konsep manajemen ini antara lain:

      1. lingkungan sekolah yang aman dan tertib

      2. sekolah memiliki misi dan target mutu yang ingin dicapai

      3. sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat

      4. harapan yang tinggi dari anggota sekolah untuk berprestasi

      5. adanya pengembangan staff sekolah yang terus menerus sesuai tuntutan IPTEK

      6. adanya pelaksanaan evaluasi terhadap akademik dan administrasi


tujuan MBS

      1. individu yang kompeten terlibat dalam pengambilan keputusan

      2. anggota komunitas sekolah punya hak suara

      3. fokus pada pertanggungjawaban

      4. kreatifitas dalam perencanaan program

      5. adanya pengaturan ulang SDM

      6. alokasi anggaran lebih realistis


Prinsip-prinsip MBS


sekolah memiliki tanggungjawab untuk mengelola dirinya sendiri berkaitan dengan permasalahan administrasi, keuangan dan fungsi setiap personil sekolah.

Prinsip pengelolaan kualitas total:

  1. perhatian harus ditekanakan kepada proses dengan terus-menerus mengumandangkan peningkatan mutu

  2. kualitas/mutu ditentukan oleh pengguna jasa sekolah

  3. prestasi harus diperoleh melalui pemahaman visi bukan dengan pemaksaan aturan

  4. sekolah harus menghasislkan siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap arief bijaksana, berkarakter, dan memiliki kematangan emosional


MBS menurut Dr JC Tukiman Taruna, seorang pakar pendididkan dalam implementasinya secara ideal mensyaratkan beberapa hal:

  1. peningkatan kualitas MBS yang terlihat melalui transparansikeuangan, perencanaan partisipatif dan akuntabilitas

  2. peningkatan pembelajaran melalui PAKEM

  3. peningkatan peran serta masyaraakat melalui banyaknya kepedulian masyarakat terhadap sekolah


indikator keberhasilan MBS


1. lingkungan sekolah yang aman dan tertib

2. sekolah memiliki misi dan target mutu yang ingin dicapai

3. sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat

4. harapan yang tinggi dari anggota sekolah untuk berprestasi

5. adanya pengembangan staff sekolah yang terus menerus sesuai tuntutan IPTEK

      1. adanya pelaksanaan evaluasi terhadap akademik dan administrasi

      2. adanya komunikasi dan dukungan intensif dari orang tua murid dan masyarakat











daftar pustaka


Nurkolis.2003.Manajemen berbasis sekolah,Jakarta:Grasindo

Subakir,supriono.2001.Manajemen berbasis sekolah,Jakarta:SIC

Hmaid,edi suandi.2004.Memperkokoh otonomi daerah,Jakarta:UII press

Sagala,syaiful.2004. Manajemen berbasis sekolah dan masyarakat,Jakarta:Nimas multima

Fattah,nanang.2004.konsep Manajemen berbasis sekolah daerah.Jakarta:pustaka bani quraisy

Ghufron,anik.Pengembangan model Manajemen berbasis sekolah,Yogyakarta:Lembaga Penelitian, Universitas Negeri Yogyakarta

Jaya,cipta.2004.Program Manajemen berbasis sekolah,Jakarta:Cipta jaya

linkrakyat

abdi saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar